Untuk mendapatkan kuota internet gratis dari pemerintah dengan mengajukan nomor ponsel dari sekolah merupakan suatu langkah baru yang diambil pemerintah untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau Belajar Dari Rumah (BDR) secara online / realtime. Kuota Internet tersebut berkisar 50 GB yang diberikan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (kemdikbud) untuk guru dan siswa yang melakukan pembelajaran jarak jauh.

Informasi tersebut berdasarkan dari Surat Edaran kemdikbud (surat pertama) yang isinya antara lain sekolah untuk menginput nomor ponsel atau nomor HP siswa melalui Data Pokok Pendidik & Kependidikan (dapodik) sekolah masing-masing hingga tanggal 31 Agustus 2020.

surat edaran1 tentang pengisian nomor ponsel di dapodik

selanjutnya berkisar seminggu kemudian keluar kembali surat edaran dari kementrian Pendidikan & Kebudayaan yang intinya adalah pengisian data nomor ponsel siswa diperpanjang menjadi tanggal 11 September 2020. Adapaun surat tersebut sebagai berikut :

surat edaran2 tentang pengisian ponsel di dapodik diperpanjang cutt off 11 september 2020

selanjutnya surat edaran ke3 tentang verval nomor ponsel melalui website https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id dengan batas waktu (cut off) tanggal 15 September 2020. Adapun surat tersebut tercantum dibawah ini

surat tentang verval ponsel

adapun website vervalponsel.data.kemdikbud.go.id tercantum dibawah ini, setelah terbuka website tersebut, langkah selanjutnya operator sekolah harus login dengan menggunakan hak akses dapodik. Seorang Operator memverifikasi nomor siswa dan guru satu per satu hingga selesai. Jika 1 siswa diverval membutuhkan waktu 20-30 menit, maka jelas data yang diinput begitu lama, hal tersebut karena semakin banyak operator di Indonesia memferivikasi.

verifikasi ponsel di website.

Adapun SMP Islam Taufiqurrahman dalam menginput data nomor posel/HP siswa dan memverifikasi nomor Ponsel adalah dengan fasilitas group WA kelas, group WA Labkom, group WA dapodik, group telegram KIP SMP Islam Taufiqurrahman.

group wa dapodik SMP Taufiqurrahman
group telegram

By Mad Soheh

Ciluk baaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *